Laporan Akhir Modul 1 - Percobaan 3
1. Tujuan
[Daftar]
1. Merangkai percobaan 3 modul 1.
2. Menjelaskan cara kerja rangkaian percobaan 3.
3. Melakukan simulasi rangkaian percobaan 3.
Kondisi : Jika tombol * ditekan maka ditampilkan karakter angka 91011 pada LCD.
2. Menjelaskan cara kerja rangkaian percobaan 3.
3. Melakukan simulasi rangkaian percobaan 3.
Kondisi : Jika tombol * ditekan maka ditampilkan karakter angka 91011 pada LCD.
2. Alat dan Bahan
[Daftar]
3. Rangkaian Percobaan
[Daftar]
Rangkaian Percobaan
Prinsip Kerja
Program dimulai dengan deklarasi library yang digunakan untuk LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. Selanjutnya deklarasi jumlah baris dan kolom dari keypad serta inisialisasi tombol-tombol yang digunakan menggunakan matriks sesuai dengan jumlah baris dan kolom keypad 4x3. Selanjutnya dideklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad. Setelah itu inisialisasi library LiquidCrystal.h dan Keypad.h dengan pin-pin yang digunakan.
Pada fungsi void setup() dilakukan set baris dan kolom LCD dengan fungsi lcd.begin() dan lcd.setCursor(). Selanjutnya untuk void loop() dilakukan pembacaan keypad dimana dideteksi tombol mana yang sedang ditekan dengan fungsi keypad.getKey(). Jika tombol/key yang ditekan adalah '*' maka akan ditampilkan karakter "91011" pada layar LCD, sedangkan jika tombol lainnya yg ditekan tidak akan ditampilkan karakter pada LCD.
Prinsip Kerja
Program dimulai dengan deklarasi library yang digunakan untuk LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. Selanjutnya deklarasi jumlah baris dan kolom dari keypad serta inisialisasi tombol-tombol yang digunakan menggunakan matriks sesuai dengan jumlah baris dan kolom keypad 4x3. Selanjutnya dideklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad. Setelah itu inisialisasi library LiquidCrystal.h dan Keypad.h dengan pin-pin yang digunakan.
Pada fungsi void setup() dilakukan set baris dan kolom LCD dengan fungsi lcd.begin() dan lcd.setCursor(). Selanjutnya untuk void loop() dilakukan pembacaan keypad dimana dideteksi tombol mana yang sedang ditekan dengan fungsi keypad.getKey(). Jika tombol/key yang ditekan adalah '*' maka akan ditampilkan karakter "91011" pada layar LCD, sedangkan jika tombol lainnya yg ditekan tidak akan ditampilkan karakter pada LCD.
4. Listing Program
[Daftar]
Listing Program
Flowchart
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
char keys[ROWS][COLS] = {
{'1','2','3'},
{'4','5','6'},
{'7','8','9'},
{'*','0','#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7};
byte colPins[COLS] = {13, 12, 11};
LiquidCrystal lcd(A0, A1, 0, 1, 2, 3, A2, A3, A4, A5);
Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS );
void setup()
{
lcd.begin(20, 4);
lcd.setCursor(1,2);
lcd.setCursor(4,3);
lcd.setCursor(0,0);
}
void loop()
{
char key = keypad.getKey();
if (key == '*')
{
lcd.print("91011");
}
}
Flowchart
5. Analisa
[Daftar]
1. Jelaskan listing program sesuai kondisi masing masing kelompok.
Jawab:
Program dimulai dengan deklarasi library yang digunakan untuk LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. Selanjutnya deklarasi jumlah baris dan kolom dari keypad serta inisialisasi tombol-tombol yang digunakan menggunakan matriks sesuai dengan jumlah baris dan kolom keypad 4x3. Selanjutnya dideklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad. Setelah itu inisialisasi library LiquidCrystal.h dan Keypad.h dengan pin-pin yang digunakan.
Pada fungsi void setup() dilakukan set baris dan kolom LCD dengan fungsi lcd.begin() dan lcd.setCursor(). Selanjutnya untuk void loop() dilakukan pembacaan keypad dimana dideteksi tombol mana yang sedang ditekan dengan fungsi keypad.getKey(). Jika tombol/key yang ditekan adalah '*' maka akan ditampilkan karakter "91011" pada layar LCD, sedangkan jika tombol lainnya yg ditekan tidak akan ditampilkan karakter pada LCD.
2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!
Jawab:
LCD dapat dioperasikan dalam 2 mode yaitu mode 4-bit dan 8-bit. Pada mode 4-bit pin yang digunakan pada LCD adalah pin D4-D7. Pengiriman data pada mode 4-bit dilakukan dalam 2 kali clock per nibble/4-bit data. Pada mode 8-bit pin yang digunakan pada LCD adalah pin D0-D7. Pengiriman data pada mode 8-bit dilakukan dalam sekali clock per 8-bit data. Jika pin D4-D7 dipindahkan ke pin D0-D3 maka tidak ada data yg ditampilkan karena pada mode 4-bit data masuk melalui pin D4-D7.
3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter.
Jawab:
V0 berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar LCD. V0 terhubung ke potensiometer sehingga tingkat kecerahan LCD diatur oleh tegangan potensiometer.
RS (Register Select) : Pin ini berganti-ganti antara perintah atau data register, digunakan untuk menghubungkan pin unit mikrokontroler dan mendapatkan 0 atau 1 (0 = mode data, dan 1 = mode perintah).
RW (Read Write) : Pin ini mengaktifkan tampilan di antara operasi baca atau tulis, dan terhubung ke pin unit mikrokontroler untuk mendapatkan 0 atau 1 (0 = Operasi Tulis, dan 1 = Operasi Baca).
E (Enable) : Agar dapat mengaktifkan LCD dan dapat menampilkan data maka pin Enable harus dipertahankan dalam kondisi HIGH.
Pada percobaan yang dilakukan pin V0 terhubung ke potensiometer, pin RS terhubung ke pin A0, pin E terhubung ke pin A1, dan pin RW terhubung ke GROUND.
Jawab:
Program dimulai dengan deklarasi library yang digunakan untuk LCD dan Keypad yaitu LiquidCrystal.h dan Keypad.h. Selanjutnya deklarasi jumlah baris dan kolom dari keypad serta inisialisasi tombol-tombol yang digunakan menggunakan matriks sesuai dengan jumlah baris dan kolom keypad 4x3. Selanjutnya dideklarasikan pin yang digunakan untuk baris dan kolom keypad. Setelah itu inisialisasi library LiquidCrystal.h dan Keypad.h dengan pin-pin yang digunakan.
Pada fungsi void setup() dilakukan set baris dan kolom LCD dengan fungsi lcd.begin() dan lcd.setCursor(). Selanjutnya untuk void loop() dilakukan pembacaan keypad dimana dideteksi tombol mana yang sedang ditekan dengan fungsi keypad.getKey(). Jika tombol/key yang ditekan adalah '*' maka akan ditampilkan karakter "91011" pada layar LCD, sedangkan jika tombol lainnya yg ditekan tidak akan ditampilkan karakter pada LCD.
2. Bagaimana jika pin D4 sampai D7 LCD dipindahkan ke pin digital 0 - 3? berikan analisa!
Jawab:
LCD dapat dioperasikan dalam 2 mode yaitu mode 4-bit dan 8-bit. Pada mode 4-bit pin yang digunakan pada LCD adalah pin D4-D7. Pengiriman data pada mode 4-bit dilakukan dalam 2 kali clock per nibble/4-bit data. Pada mode 8-bit pin yang digunakan pada LCD adalah pin D0-D7. Pengiriman data pada mode 8-bit dilakukan dalam sekali clock per 8-bit data. Jika pin D4-D7 dipindahkan ke pin D0-D3 maka tidak ada data yg ditampilkan karena pada mode 4-bit data masuk melalui pin D4-D7.
3. Apa pengaruh V0 terhadap LCD, jelaskan fungsi pin RS, RW, dan E serta bagaimana menghubungkannya agar LCD dapat menampilkan karakter.
Jawab:
V0 berfungsi untuk mengatur tingkat kecerahan layar LCD. V0 terhubung ke potensiometer sehingga tingkat kecerahan LCD diatur oleh tegangan potensiometer.
RS (Register Select) : Pin ini berganti-ganti antara perintah atau data register, digunakan untuk menghubungkan pin unit mikrokontroler dan mendapatkan 0 atau 1 (0 = mode data, dan 1 = mode perintah).
RW (Read Write) : Pin ini mengaktifkan tampilan di antara operasi baca atau tulis, dan terhubung ke pin unit mikrokontroler untuk mendapatkan 0 atau 1 (0 = Operasi Tulis, dan 1 = Operasi Baca).
E (Enable) : Agar dapat mengaktifkan LCD dan dapat menampilkan data maka pin Enable harus dipertahankan dalam kondisi HIGH.
Pada percobaan yang dilakukan pin V0 terhubung ke potensiometer, pin RS terhubung ke pin A0, pin E terhubung ke pin A1, dan pin RW terhubung ke GROUND.
6. Video
[Daftar]